Selamat menikmati berbagai artikel dan makalah dari teman-teman Mahasiswa ISBD, ditunggu komentar, kritik dan saran anda pada posting tulisan tersebut, dalam kolom komentar. Atau anda bisa mendapat kiriman artikel via email dengan memasukan alamat email anda pada kolom diatas. Terima Kasih

Rabu, 05 Maret 2014

Tanggungjawab Lingkungan dan Masyarakat Membudaya

Oleh    : Andreas Bayu Widiantoro. / 702012116.


Lingkungan adalah sebuah tempat yang dihuni oleh manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Sedangkan definisi masyarakat ialah sekumpulan orang yang membentuk sistem, yang terjadi komunikasi didalam kelompok tersebut. 

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Maka Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat  kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.
Dari ketiga definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa lingkungan dan masyarakat membudaya ialah segala tatanan kehidupan yang membentuk suatu kesatuan akan berbagai macam aktivitas yang tidak dapat terpisahkan. 

Dalam sebuah perjalanan roda kehidupan baik kehidupan manusia dengan lingkungan atau manusia dengan budaya tidak dapat ditoleran akan lahirnya dokrin-dokrin dari setiap pandangan pemikiran tiap-tiap orang secara individu ataupun kelompok yang berbeda-beda. 

Hal ini memacu sebuah pertanyaan-pertanyaan ataupun  argumen akan tanggungjawab lingkungan dan masyarakat membudaya, seperti pentingkah menjaga kelestarian lingkungan ? atau apakah masyarakat membudaya itu penting buat kelestarian lingkungan ? tentunya masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang lahir dari pandangan pola pemikiran setiap orang yang berbeda-beda.

Untuk menjawab dilema yang terjadi dalam tanggungjawab lingkungan dan masyarakat membudaya, diperlukan pemahan yang baik seperti pemahaman akan tanggungjawab, pemahaman akan lingkungan, pemahaman akan masyarakat dan budaya. Berikut akan dijelaskan apa yang perlu diperhatikan untuk pemahaman-pemahaman di atas :

Yang perlu diperhatikan dalam hal tanggungjawab ialah pengendalian diri, mempertahankan jatidiri, menumbuhkembangkan kesdaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati dalam diri sendiri, konsekuen dan konsisten dengan diri sendiri.

Yang perlu diperhatikan dalam hal lingkungan ialah bagaimana mengatur pola pikir kita akan dua option sebagaimana yang dimaksudkan ialah dua pemikiran berbeda dari satu pemikiran dalam diri kita, contohnya saya bertanya-tanya, peranan manusia dalam lingkungan itu apa saja ya ? kemudian terjawab peranan manusia bagi lingkungan ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Lalu dari jawaban tersebut kita kembangkan dengan terus membuat tanya akan jawaban tersebut sampai menemui titik terang ataupun solusi yang baik dalam mengambil kesimpulan mengatasi hal yang terfikirkan tersebut.

Yang perlu diperhatikan dalam hal masyarakat yaitu ( masyarakat yang berkeadaban maksudnya masyarakat yang baik penuh etika), ( masyarakat yang berpengetahuan luas makudnya sebagai dasar pola pikir yang maju ), ( masyarakat rukun, harmonis, dan toleran ), ( masyarakat yang terbuka dan bebas mengekspresikan pikiran-pikirannya ), (masyarakat yang tertib serta patuh pada norma dan pranata ).

Yang perlu diperhatikan dalam hal budaya ialah literatur dari budaya tersebut karna suatu kebudayaan akan tetap hidup dan berkembang jika masih ada catatan tentangnya. Catatan literatur tersebut berperan besar untuk menyebarluaskan warisan kebudayaan hingga kepada orang-orang di masa yang akan datang. Itu sebabnya, literatur sangat penting dalam kebudayaan.

Berikut sebuah potret tentang apa itu sesungguhnya tanggungjawab lingkungan dan masyarakat membudaya , bisa dilihat di link berikut :



Dalam cuplikan video tersebut dapat menjadi jawaban serta solusi akan pemahaman-pemahaman dan pendapat yang berbeda dari setiap orang.

Dimpulkan bahwa lingkungan mempunyai nilai yang penting bagi kelangsungan aktivitas masyarakat dan aktivitas tersebut terkandung nilai akan silsilah hidup yang penuh arti ini, dan sebagai salah satu dari masyarakat yang ada di dunia ini kita diminta untuk bagaimana mengubah pola pikir kita dan orang disekeliling kita yang acuh akan kelangsungan lingkungan dan budaya, menjadi pola pikir yang sama-sama mau untuk peduli akan hal tersebut. Alangkah indahnya jika lingkungan, masyarakat, budaya tersatukan, this is a beautiful life J

Oleh karena itu mari sebagai generasi muda yang gemilang, bersama raih tanggungjawab kita terhadap lingkungan dan budaya.

 “Berani berteriak berani bertindak J” “Berani berbuat berani bertanggungjawab J


 Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Masukan alamat email anda