Selamat menikmati berbagai artikel dan makalah dari teman-teman Mahasiswa ISBD, ditunggu komentar, kritik dan saran anda pada posting tulisan tersebut, dalam kolom komentar. Atau anda bisa mendapat kiriman artikel via email dengan memasukan alamat email anda pada kolom diatas. Terima Kasih

Sabtu, 01 Maret 2014

PERKEMBANGAN GLOBALISASI MEMPENGARUHI SEGALA ASPEK KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA

OLEH : LIDIA KASTANYA (802012020) MD302A


Dewasa ini perkembangan dalam segala apek kehidupan sangat pesat kemajuannya. Era ini juga mengharuskan setiap individu berlomba menjadi manusia yang kreatif dan berdaya cipta tinggi agar tidak ketinggalan dengan yang lain, maka tidak heran bahwa perkembangan globalisasi juga akan mempengaruhi hubungan sosial antara individu dalam suatu kelompok atau komunitas. Apalagi didukung dengan tingginya peradaban baik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga manusia akan lebih bersikap dinamis dan kreatif, dimana semakin hari mengalami kemajuan baik dalam pola berpikir dan daya cipta, guna untuk meningkatkan kualitas hidup dan memformulasikan makna kehidupan dalam konteks yang nyata, sehinga karena adanya tuntutan dalam era globalisasi ini maka akan bergesernya nilai-nilai budaya setiap saat. 

Globalisasi sendiri adalah hubungan antar individu, antar kelompok, antar negara yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain secara luas.

Jika kita lihat dalam kehidupan kita yang sekarang, manusia semakin hari terus mengalami perubahan bahkan dalam sikap, tingkah laku, pola berpikir dan sebagainya, bahkan dalam aspek kehidupan gaya bergaul kita dengan orang lainpun, sering sekali mengadopsi gaya perilaku dari luar, karena tingginya perkembangan teknologi membuat kita  berlajar dengan cepat tentang perkembangan-perkembangan yang ada disekeliling kita, terutama dari negara-negara luar. Kita dapat melihat dari cepatnya manusia itu mengalami perubahan, misalnya awal tahun 2012 bahkan sampai sekarang ada “demam K’pop” ini istilah yang diberikan kepada para penggemar hasil-hasil karya yang diberikan oleh negara Korea dimana Korea menawarkan hiburan baik berupa Drama korea, musik, bahkan fashion. Artis-artis managemen yang cantik, putih, langsing, keren, sudah menjadi modal untuk dikagumi, memiliki suara indah, pintar menari dan seterusnya menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Salah satunya jika kita kenal boyband yang dari dulu sampai sekarang, dan sangat terkenal dikalangan remaja yaitu Super Junior dan SNSD, merupakan boyband dan girlband yang masih tetap eksis di industri musik sampai saat ini. Jika kita tinjau munculnya boyband serta girlband yang ada di korea, mempengaruhi negara kita dimana semenjak terbentuknya girlband 7Icon, salah satu girlband indonesia, mulai berdatangan girlband-girlband lainnya seperti Cherrybelle, princess dengan format 9 orang personil, atau bahkan boyband yang dicetuskan pertama kali oleh Smash, kemudian diikuti oleh boyband-boyband lainnya, hal ini membuktikan bahwa era globalisasi saat ini khususnya dalam sebuah industri sangatlah berkembang cepat dimana setiap individu belajar dari individu yang lain, dituntut untuk menjadi kreatif baik, karena banyaknya persaingan yang ada, era ini juga membuat negara kita dapat belajar dari negara lain terbuka dalam segala aspek, namun tetap kritis dalam menyaring hal-hal baru yang akan masuk. Karena perkembangan globalisasi saat ini terkadang membuat negara kita harus memiliki sifat filter atau penyaring agar hal-hal baru yang masuk tidak mempengaruhi nilai-nilai dan norma yang dimiliki oleh bangsa ini. 

Selain perubahan dalam hal industri hiburan yang tejadi, kita juga dapat melihat dalam era kemajuan teknologi, pesatnya kemajuan teknologi yang ada membuat kemudahan dan kecepatan dalam berhubungan satu dengan yang lainnya, bahkan jarak sudah tidak lagi menjadi suatu pengahalang dalam berkomunikasi. Kita lihat saja kemajuan teknologi mulai dari Handphone salah satu alat komunikasi yang bahkan dimiliki oleh semua orang, dimulai dari awal handphone itu ada warnanya yang ada hanya hitam putih, dan kegunaannya hanya untuk sms dan telfon, main game jika ada, sementara Hp- hp yang ada sekarang berlomba-lomba menawarkan kualitas handphone terbaik entah Sony, Iphone, samsung dan sebagainya dengan berbagai fitur layanan aplikasi yang dapat memudahkan kehidupan manusia dalam hal berkomunikasi. Kemajuan teknologi ada banyak sekali baik dari handphone, komputer dan sebagainya hal ini membuat manusia terkadang merasa perlu untuk eksis dengan hal-hal tersebut, malah terkadang ada orang yang cendrung menjadikan hal tersebut sebagai suatu konsumsi, untuk memuaskan kesenangan pribadinya. Bahkan ada istilah “yang dekat terasa jauh, yang jauh terasa dekat”, hal ini disebabkan saat orang terlalu sibuk dengan gadget atau alat komunikasi yang lainnya lama kelamaan dia akan mulai melupakan keadaan sosial yang ada diseklilingnya baik dalam hal berkomunikasi dengan orang lain, atau bahkan memberikan sapa kepada orang lain, hal-hal tersebut terlewatkan karena terlalu sibuk dengan kesenangan pribadi, kemajuan memang akan membawa dampak postif baik dalam melakukan tugas dan kerja yang ada namun harus diperhatikan agar jangan lantas hal tersebut menjadi kebiasaan untuk menutup kebiasaan sopan santun dan nilai-nilai dari dalam masyarakat.

Secara kemajuan teknologi berkembang pesat didukung juga dengan banyak bermunculan media social yang memudahkan setiap orang dalam berkomunikasi walaupun jarak mereka jauh seperti twitter, facebook, line, dan sebagainya. Media social seperti ini memang memudahkan setiap orang dalam hal membangun relasi dengan orang lain, mencari teman, belajar dari negara lain, mencari informasi agar pengetahuan tentang dunia ini semakin luas, namun tidak jarang kemajuan teknologi seperti ini juga membawa dampak negatif bagi kalangan yang salah menggunakannya, salah satunya tindak pemerkosaan sering terjadi berawal dari perkenalan di facebook, kopi darat, dan akhirnya berujung kepada pemerkosaan, hanya karena telah tertipu dengan sikap, wajah dan segala hal yang ditampilkan di media social. Semakin berkembangnya sebuah teknologi baik untuk mempermudah komunikasi, hal itu perlu kita pergunakan dengan sebijak mungkin agar tidak bertambahnya tindakan penyalagunaan yang salah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Disamping itu berkembanganya Era globalisasi ini juga ditandai dengan bagaimana perubahan politik atau yang biasa disebut dengan “politic goverment”, dimana proses masuknya suatu pola atau nilai-nilai yang diterima secara menyeluruh karena, membawa pembaharuan dan menguntungkan dibidang politik. Timbulnya kerja sama dengan negara lain merupakan salah satu contoh globalisasi politik, misalnya kerja sama antara Indonesia dan jepang, yang dulu pernah menjajah indonesia kini membangun hubungan bilateral saat ini kedua negara telah membina hubungan persahabatan yang sangat erat yang berlandaskan hubungan kerjasama dan pertukaran di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, kebudayaan dan sebagainya. Hubungan persahabatan seperti ini, bukanlah sesuatu yang dapat dibangun dalam sehari saja. Di Indonesia ada sekitar 11.000 orang Jepang, sebaliknya di Jepang terdapat lebih 24.000 orang Indonesia. Perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia berjumlah lebih dari 1000 perusahaan, di mana bekerja 300.000 orang Indonesia. Salah satu contohnya juga bagi KPK atau komisi pemberantasan korupsi dalam hal menangani dan menuntaskan para koruptur mereka berkerja sama dengan negara-negara yang ada di asia pasifik, dalam organisasi Pembentukan jaringan agensi antikorupsi tersebut dibicarakan secara serius dalam Senior Official Meeting Asia Pacific Economic Cooperation (SOM APEC) di Medan, tergabungannya Indonesia dalam APEC ini diharapkan dapat membantu tugas KPK dalam mencari para pelaku koruptor. Kita ketahui bahwa mantan endahara umum partai demokrat tersangka kasus korupsi tersebut saat proses penangkapan masih melalang buana di negara tetangga, dengan adanya bantuan informasi dari negara lain , maka memudahkan proses penangkapan, juga dengan adanya kerja sama ini diharapkan pula adalanya pemberian informasi entah penyimpanan uang para koruptor di bank negara lain ahar dengan mudah dapat dilacak. Sehingga saat berkembangnya era globalisasi sekali lagi membawa dampak yang baik jika digunakan juga untuk kesejahteraan bersama bukan untuk kepentingan pribadi dan melupkan nilai-nilai dan moral yang telah ditanamkan. Sehingga negara kita yang tergolong negara berkembang dapat belajar dari negara lain, baik dalam hal birokrasi maupun kerja sama dengan negara lain.

Jika kita tinjau dari sisi ekonomi, globalisasi juga berperan sangat penting, dimana perekonomian berkembang pesat dalam era sekarang ini, dimana proses perdagangan, negara-negara seluruh dunia menjadi satu.  Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan lama kelamaan mulai menghilang dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu sisi  akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Salah satu contoh dari adanya globalisasi perekonomian dengan adanya pasar bebas, dimana dengan tumbuhnya produk-produk luar negeri yang membuat produk Indonesia kalah saing dipasaran, karena tidak mampu bersaing secara kulitas dengan produk dari negara lain, dengan tipe yang cepat rusak, tidak tahan lama dan sebagainya membuat produk indonesia terkadang tidak memiliki kualitas bahkan tak jarang tak dihargai di dalam negara sendiri. Hal ini membuat orang Indonesia berpikir bahwa kualitas barang diluar jauh lebih baik daripada barang dalam negeri sendiri, sehingga lebih mempercayakan produk-produk dari luar untuk memudahkan kehidupannya.  Jika kita lihat Indonesia tidak ada pengembangan produk untuk menghasilkan produk yang lebih baik sehingga, sudah pasti produk mereka tidak akan bisa laku di pasaran. Terlebih sejak CAFTA (China Asia Free Trade Assosiation) diberlakukan, barang – barang dari China mulai membanjiri pasar Indonesia, kualitas produk yang mereka tawarkan jauh lebih bagus, lebih menarik dan berbagai macam bentuk dan kegunaannya yang menarik perhatian setiap konsumennya dibandingkan dengan di indonesia. Namun jika kita lihat dengan adanya pasar bebas ini semakin terbukanya produk-produk ekspor, namun harus diimbangi oleh Indonesia bahwa bersaing di pasar internasional haruslah menjadikan motivasi untuk melahirkan produk-produk yang berkuliatas, kreatif dan dibutuhkan pasar dunia , dengan adanya globalisasi perekonomian makan semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia, tapi bisa didapatkan dari buatan negara lain. Kemudian jika kita melihat globalisasi yang juga sangat berdampak bagi pariwisata kita di indonesia ini merupakan nilai bonus yang harus dijaga dimana, setiap warga negara asing akan berkunjung di negara kita melihat indahnya kebudayaan , dan pariwisata di negara kita, hal itu harus kita manfaaatkan dengan mempromosikan produk-produk negara kita dimata dunia lewat pariwisata.

Dari segi industri hiburan, teknologi, media social, politik hingga ekonomi bahkan jika kita lihat sekarang dalam bahasa sehari-hari pun bahasa indonesia kita sudah sangat dipengaruhi oleh bergabagai bahasa, misalnya sering  kita diajarkan oleh orang tua untuk memanggil ayah ibu, atau mama papa, namun ada sekarang yang menyebut kedua orang tua denga “bokap nyokap”, pembantu rumah tangga pun memiliki sebutan “pembokat”. Di era ini anak-anak terkadang sudah tidak lagi mengahargai bahasa, Aku kamu bisa menjadi “Loe Gue”, “bingiits”, OMG, Kamseupay (kampung sekali udik dan payah), Cupu (culun punya). Bahasa keseharian diganti dengan kalimat yang menurut mereka jauh lebih gaul dan trend jaman sekarang, namun tanpa mereka sadari terkadang kalimat-kalimat tersebut ada yang digunakan untuk menyakiti orang lain, mengatai, menghina seseorang. Tuntutan pergaulan jaman sekarang lebih memudahkan kaum muda dalam segala hal misalnya tidak perlu berlama-lama mencari jawaban untuk sebuah soal, tinggal search di google semua jawaban hadir, mudah mencari lokasi tinggal di search di gadget, sehingga pergaulan sekarang lebih menuntut kaum muda untuk ikut berkembang cepat dengan teknologi dan perkembangan saat ini, bahkan jika ada yang tidak bisa untuk memenuhi pergaulan mewah saat ini, akan banyak sekali tercipta kesenjangan sosial dalam lingkungan pergaulan, dikriminasi dan lain-lain. 

Hal-hal seperti ini yang harus diperhatikan bahwa sering perkembangan dunia yang cepat, perubahan juga semakin cepat terjadi dan negara kita sejak awal hadir dan tercipta dengan keberagaman, nilai-nilai sosial, yang dilandasi oleh Pancasila dan UUD 45 dimana membuat negara kita berbeda dengan negara lainnya namun tidak tertutup terhadap perkembangan globalisasi saat ini. Kita sebagai negara berkembang sudah selaknya terbuka menerima segala perubahan yang datang dari luar namun tidak semua perubahan harus dibiarkan terjadi begitu saja, tapi kita harus menjadi masyarakat yang cerdas untuk bisa melihat dan menyaring semua hal baru yang datang mana yang dapat berguna untuk bangsa dan negara ini untuk kemajuan bersama kedepannya. Tidak lupa juga melihat sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang ada dalam negara ini. Semakin berkembangnya globalisasi juga menuntut kita untuk bersaing dengan semua hal berdaya cipta tinggi dan kreatif, ini dapat menjadi motivasi untuk anak bangsa untuk dapat belajar dari negara lain  dan dapat memajukan negara kita menjadi negara yang jauh lebih baik dan lebih dipandang di mata dunia. 



Tidak ada komentar:

Masukan alamat email anda