Selamat menikmati berbagai artikel dan makalah dari teman-teman Mahasiswa ISBD, ditunggu komentar, kritik dan saran anda pada posting tulisan tersebut, dalam kolom komentar. Atau anda bisa mendapat kiriman artikel via email dengan memasukan alamat email anda pada kolom diatas. Terima Kasih

Rabu, 12 Maret 2014

Manusia, Kearifan Lokal dan Globalisasi


Kearifan lokal merupakan bagian dari kebudayaan daerah yang memuncak dalam kebudayaan nasional. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus menerus dijadikan pegangan hidup meskipun pengaruh globalisasi menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam setiap lini kehidupan.

  Oleh sebab itu kearifan lokal perlu dikelola dengan baik ditengah arus globalisasi. Kearifan lokal sudah semestinya dapat berkolaborasi dengan aneka perkembangan budaya yang melanda dan untuk tidak larut dan hilang dari identitasnya sendiri.

  Pengintegrasian kedalam tatanan nilai, sikap dan perilaku menjadi sangat penting demi kelangsungan kearifan lokal sebagai jati diri bangsa. Nilai-nilai budaya yang dianggap baik diinternalisasikan melalui program belajar yang terstruktur kedalam kurikulum yang bersifat meneruskan tradisi atau mengikuti  adat istiadat.
Rhamnadani Osa, Wahyu Winursito, Fera Lonardy dan Christine N Betaubun
Materi presentasi untuk pembahasan tersebut, bagi kelas MD302A dapat di download klik disini 

Winda Septian, Danang Prasetyo dan Adinda Setya

sedangkan materi dari kelas MD302B bisa didownload klik disini 

Tidak ada komentar:

Masukan alamat email anda