Selamat menikmati berbagai artikel dan makalah dari teman-teman Mahasiswa ISBD, ditunggu komentar, kritik dan saran anda pada posting tulisan tersebut, dalam kolom komentar. Atau anda bisa mendapat kiriman artikel via email dengan memasukan alamat email anda pada kolom diatas. Terima Kasih

Senin, 03 Maret 2014

Papua, Suatu Keunikan yang Diasingkan



Oleh            : Yulan Pateh Adrian/802012044 /MD 302 A

Di dalam artikel ini saya mengangkat tema kebudayaan dan saya akan membahas lebih lanjut mengenai kebudayaan yang terdapat di pulau paling timur di Indonesia yaitu pulau Papua. Saya sangat tertarik dengan berbagai kebudayaan yang terdapat di dalamnya karena kebudayaan Papua terlihat sangat berbeda dan unik saya juga mengagumi cara mereka menari, cara mereka berbicara, cara mereka menyapa, cara mereka bercanda itu membuat saya terharu kalau melihat betapa kerasnya dan betapa susahnya kehidupan mereka di pulau yang kaya dan makmur tersebut. 

Kebanyakan orang Indonesia tidak dapat menerima dengan baik keberadaan mereka karena prasangka dan stereotip yang tidak baik mengenai keberadaan suku Papua sampai-sampai ada suatu tempat kos mahasiswa tidak menerima orang Papua. Kalau dipikir-pikir memang masih banyak tempat di Papua yang masih primitive, saya tidak tau pasti karena apa tetapi menurut pemikiran saya itu karena tempat-tempat tersebut masih belum terjangkau. 

Meskipun banyak tempat-tempat seperti itu di Indonesia, tetapi orang kebanyakan memandang bahwa hanya di papua saja orang masih tidak memakai baju dan lain-lain. Selain karena perbedaan kebudayaan dan gaya hidup, mereka terlihat sangat berbeda dari fisik mereka. Dari setiap perbedaan fisik masyarakat dari berbagai macam suku, suku papua terlihat paling berbeda dari suku-suku lain yang terdapat di Indonesia. Hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang membuat mereka terlihat begitu berbeda. Selain terlihat begitu berbeda, sepertinya mereka juga merasa diasingkan dari yang lain. Memang tidak semua seperti itu, tetapi seperti penglihatan saya, saya melihat bahwa mereka hanya sering berkumpul dengan sesama mereka saja bahkan ketika saya ingin memulai pertemanan, sangat sulit rasanya. Saya merasa tertolak dan sepertinya teman saya tersebut tidak nyaman dengan keberadaan saya. Dari sedikit cerita yang saya ceritakan tersebut saya merasakan bahwa kebudayaan mereka dan perlakuan orang lain terhadap mereka mempengaruhi bagaimana mereka dengan masyarakat lain selain dari suku mereka. 

Memang tidak semua dari mereka seperti itu namun menurut saya mereka mempunyai kecendrungan seperti itu. Itu adalah sedikit pandangan saya mengenai keberadaan kebudayaan papua ditengah-tengah kebudayaan Indonesia yang lainnya.

Beberapa artikel mengenai fakta yang tedapat di Papua
  1.  Terdapat 268 bahasa daerah di Papua selain bahasa Indonesia yang digunakan dan dikembangkan oleh berbagai macam suku yang tedapat di sana.
  2. Di pulau Irian Jaya tidak hanya tedapat suku papua melainkan banyak suku lain seperti suku Jawa dan Sulawesi yang menetap di sana.
  3. Salah satu senjata tradisional suku Papua adalah pisau belati yang terbuat dari tulang kaki burung kasuari  dan hulunya dihiasi bulu dari kasuari.

Papua ditinggai banyak suku, masing-masing suku di Papua memiliki adat istiadat yang berbeda. Kebudayaan Papua  masih kebudayaan murni karena setiap harinya masih menggunakan peralatan  yang tradisional dan berpindah-pindah.

Papua memiliki berbagai macan jenis tarian yang sangat banyak semuanya mencerminkan suku yang ada di papua tarian tesebut  mencerminkan kegembiraan.
mere memiliki pakaian adat yang sangat unik yang meimiliki berbagai macam arti dari setiap bentuk pakaiannya. Papua juga memiliki wisata yang luar biasa yang sangat menawan dan mampu menghipnotis wisatawan asing dan lokal yang berkunjung ke papua.


Berikut adalah web untuk melihat beberapa gambar yang unik yang terdapat di dalam suku papua yang masih dianggap sangat primitive oleh masyarakat modern:
 Diatas adalah salah satu gambar yang menunjukkan kehidupan masyarakat Papua, untuk lebih lengkapnya bisa di klik disini


Suku Papua juga memiliki kekayaan ragam seni dan budaya seperti:

Alat musik tradisional tifa



Tifa adalah alat musik pukul yang berbentuk seperti gendang. Alat music ini terbuat dai kayu dan kulit rusa yang dapat menghasilkan suara yang indah dan bagus. Alat music ini sering digunakan untuk mengiringi tarian tradisional.


Tarian tradisional Papua.



Papua memiliki berbagai macam tarian tradisional yang menjadi cirri khas masyarakat papua biasa menyebutnya dengan sebutan Yosim Pancar. Tarian tradisional papua sering dimainkan dalam berbagai kesempatan seperti penyambutan tamu terhormat dan upacara adat.



 Pakaian Adat Tradisional Papua.

Pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat tersebut memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki.


 Rumah Adat Papua.


Nama rumah asli Papua adalah Honai yaitu rumah khas asli Papua yang dihuni oleh Suku Dani. Bahan untuk membuat rumah Honai dari kayu dengan dan atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. Umumnya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk mengerjakan kerajinan tangan.

Email: yulan.pateh@gmail.com


Tidak ada komentar: